MC DONALD’S
Latar Belakang Mc Donalds
Mc donald’s pertama kali didirikan pada tahun
1937 oleh Richard & Maurice di Pasadena. Pertama kalinya restoran Mc
donald’s masih memakai konsep Drive In, konsep ini terkenal pada saat itu. Mc
donald’s memiliki logo yang berbentuk huruf M dan berwarna kuning. Logo ini
dibuat agar lebih diingat oleh pengunjung dikarenakan simple dan mudah diingat.
Logo ini bernama The Golden Arch. Banyakya kesulitan yang dihadapi saat
memiliki konsep drive in maka pada tahun 1955, inilah tahun pertama Mc donald’s
menggunakan konsep Fast Food.
Restoran ini menerapkan sistem waralaba
dimana sudah memiliki perjanjian-perjanjian yang mendetail dan didistribusikan
penjualannya secara langsung, jadi setiap toko memiliki produk yang dijual sama.
Selain itu Mc donalds’s juga menerapkan prosedur operasi standar (Standart
Observation Checklist) yang dimana semuanya makanan yang dijual harus memiliki
standar yang sama. Mc donald’s juga membuka Hamburger University pada tahun
1961 digunakan untuk pelatihan orang yang akan menjadi waralaba Mc donald’s.
Mc donald’s di Indonesia pertama kali tahun
1991. Indonesia adalah negara yang ke 70 yang memakai waralaba Mc donald’s.
Pemiliki Mc donald’s di Indonesia adalah H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBA.
Pemiliki Mc donald’s mengikuti training selama 1 tahun dan restoran Mc donald’s
pertama kali didirikan di Sarinah Jakarta. Perkembangan yang sangat cepat. Saat
ini Mc donald’s memiliki 109 restoran di seluruh Indonesia.
TUJUAN
Tujuan dari McDonald's baik McDonald's
Internasional maupun McDonald's Indonesia
adalah :
a.
Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa
makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b.
Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan
saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c.
McDonald's sebagai tempat bekerja yang
terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d.
Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum
dan merasa spesial.
e.
Makanan yang paling baik di kelasnya dengan
penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f.
Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang
baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g.
Brand yang sukses dan memberikan kontribusi
pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan.
VISI-MISI MC DONALD’S
1.
Visi Perusahaan
Visi dari McDonald's baik McDonald's
Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best quick
service restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang paling
berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's
menjadi terbaik dalam artian
a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The
Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.
b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan
sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang
memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's
dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga
atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan
perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia
menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald's.
d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang
untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis
ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang,
kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan
yang berarti bagi seluruh karyawan.
f. Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan
berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi
patner terbaik dalam bisnis ini.
g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan
keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industry ini.
h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's
bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca
Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas
kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.
2. Misi Perusahaan
Misi dari McDonald's baik McDonald's
Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami
dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.
PEMBAHASAN
·
KEGIATAN
Produk
MC
Donalds merupakan perusahaan yang bergerak pada industry fast food restaurant.
Produk yang ditawarkan berupa makanan dan minuman siap saji. Berikut adalah
perincian produk yang ditawarkan :
a.
Paket Hemat(PAHE), yaitu merupakan paket yang
terdiri dari : 1. Produk makanan dan 1. Produk minuman. Paket Hemat ini
memberikan pada pelanggan yaitu harga lebih murah dibandingkan jika membeli
dengan harga satuan. Sedangkan bagi perusahaan dapat meningkatkan penjualan
produk.
a. Paket
Hemat(PAHE) terdiri dari :
b. Pahe
1 : Chesee Burger dan Medium Drink
c. Pahe
2 : Mc Chiken Burger dan Medium Drink
d. Pahe
3 : Fillet D Fish Burger dan Medium Drink
e. Pahe
4 : Big Mac Burger dan Medium Drink
f. Pahe
5 : Doble Chesee Burger dan Medium Drink
b.
Jenis-Jenis Burger, yaitu :
a. Beef
Burger
b. Spicy
Chiken Burger
c. Double
Beef Burger
d. Big
Mac Burger
e. Fiilet
D Fish
f. Triple
Chesee Burger
g. Beef
Prosperity
c.
Paket nasi, yaitu merupakan paket khusus yang
dibuat oleh MC Donalds Indonesia, sesuai dengan kebiasaan masyarakat Indonesia
yang mengkonsumsi nasi sebagai makanan produk.
a. Paket
(Rice, 1 pcs chiken, medium drink)
b. Panas
special (Rice, 1 pcs chiken, egg, medium drink)
c. Paket
komplit (Rice, 1 pcs chiken, egg, soup, medium drink)
d. French
Fries dengan 4 ukuran, yaitu: Reguler, Medium, Large, Super Size
e. Hot
and cold drinks
Price
Penentuen harga ditetapkan dengan market
price yang ditentukan oleh head office Jakarta sesuai dengan daya beli
konsumen. Tier adalah penetapan harga sesuai dengan kemampuan daya beli
konsumen di lingkungan tersebut. Terdapat tiga macam penetapan harga (tier).
Yang penetapannya ditentukan oleh lingkungan dimana restoran MC Donald tersebut
berada.
Place
Berhubungan
dengan lokasi untuk mendistribusikan produk kepada pelanggan, dimana tempat
tersebut harus strategis bagi target pasar yang dituju yaitu sekmen kawula muda
dan keluarga.
Promotion
Secara umum, program promosi dari market wide
adalah promosi advertising melalui above the line, yaitu iklan TV. Strategi
promosi yang dilakukan meliputi:
Promosi Public Relation. Yaitu melalui
hospitality dengan memberikan pelayanan yang lebih kepada pelanggan melalui
magic moment.
Advertising yaitu melalui above the line :
kerja sama dengan stasiun radio local untuk menginformasikan event-event yang
diadakan oleh MC donalds. Sedangkan melalui below the line : spanduk, poster,
brosur, standing banner, hanging mobile, translite, back drop.
Show case yaitu berupa merchandise Mc
Donalds.
Event yang dilaksanakan di Mc Donalds dapat
dijadikan sebagai sarana promosi yang merupakan kerja ssama dengan
perusahaan-perusahaan lain.
·
Proses
Di tahun 1917
Ray knoc mengawali karirnya sebagai pengemudi ambulans
palang merah di tahun 1917, meski saat itu ia belum memenuhi syarat untuk
terjun ke medan perang karena usahanya yang baru menginjak 15 tahun.
Di tahun 1954
Ray di kejutkan dengan datangnya pesanan dalam jumlah
besar berupa 8 multi-mixser dan sebuah restorant San Bernardino, California. Di
sana ia menemukan sebuah restoran yang bersekala tidak terlalu besar namun
terbilang sukses yang di kelola oleh Dick dan Mac Mcdonald’s.
Di tahun 1955
Kepada Dick dan Mac Mcdonald’s, Ray mengungkapkan visinya
untuk membuka cabang restorant Mcdonalds di seluruh penjuru Amerika. Di tahun
1955, Ray mendirikan Mcdonald’s Corporation
Di tahun 1956
Ray kroc adalah pribadi yang sangat memandang tinggi jiwa
kewirausahaan. Hal ini di tunjukan oleh penghargaan-penghargaan yang di
berikannya kepada frinchise atas kreativitas individual mereka .
Di tahun 1961
Ray kroc meresmikan sebuah program pelatihan yang
bertempat di sebuah restorant baru di Elk Grove Village, Illinois. Disarana
platihan yang kemudian dinamai Hamburger University.
·
Keuangan
Pendapatan terkait dengan total penjualan pada tahun 2008
mengalami penurunan yang tidak terlalu signifikan di bandingkan tahun 2007
tetapi dari segi pendapatan di bidang waralaba mengalami peningkatan dari tahun
ke tahun. Hal ini mungkin di sebabkan karena perusahaan memperluas strategi
pemasaran dengan memberikan kekeluasan di berbagai pihak untuk membeli waralaba
perusahaan ini. Seperti kita tahu bahwa berbagai produk Mcdonald’s telah banyak
di gandrungi oleh masyarakat dunia dari semua kalangan sehingga sehingga tetap
menjadi industry yang mempunyai prospek yang bagus. Secara keseluruhan kondisi
Mcdonald’s meskipun sudah berada dalam keadaan yang matang tetapi terus
melakukan ekspansi untuk memperluas pangsa pasar dan meningkatkan penjualan
produk.
Hal ini dapat di lihat dari menigkatnya angka aktivitas
investasi yang dilakukan dari tahu ke tahun, tingkat perputaran modal kerja
juga sangat cepat menandakan internal perusahaan berkembang dan tidak ada dana
yang mengganggur. Kemudian dari segi pengendalian internal pun tentunya semakin
meningkat dimana perusahaan dapat menarik investor dengan mudah, ini dapat di
lihat dari meningkatnya uang di bidang aktivitas pembiayaan. Sementara itu
harga saham perusahaan ini juga mengalami peningkatan menunjukan bahwa respon
pasar sangat positif dan tidak banyak terpengaruh adanya krisis global karena
seperti di ketahui produk Mcdonald’s merupakan produk pangan yang telah menjadi
makanan pokok di berbagai Negara.
·
Hasil
Tabel analisa persaingan McDonald’s dengan KFC
4P
|
KFC
|
Mc’d
|
KETERANGAN
|
ACTION PLAN
|
Produk
|
Unggul
|
Mempunyai
suatu differensiasi
|
Kualitas
yang lebih baik
|
|
Price
|
Unggul
|
Harga
yang terjangkau
|
Low
cost
|
|
Place
|
Unggul
|
Hampir
disemua perusahaan makanan cepat saji
|
Seluruh
segmentasi pasar
|
|
Promotio
|
Unggul
|
Mempunyai
berbagai macam produk
|
Menggunakan
iklan di semua media dan promo
|
Tabel analisa persaingan McDonald’s dengan
produk pengganti
4P
|
Twister
|
McWrap
|
KETERANGAN
|
ACTION PLAN
|
Produk
|
Unggul
|
Kualitas
produk
|
Menggunakan
bahan dan peralatan yang lebih baik dan canggih
|
|
Price
|
Lebih
murah
|
Lebih
mahal
|
Biaya
mengalihkan ke produk lain
|
|
Place
|
Unggul
|
Hampir
semua kalangan mengkonsumsi
|
Meningkatkan
distribusi kongsinyasi produk
|
|
Promotion
|
Unggul
|
Penggunaan
iklan untuk promosi
|
Mengefektifkan
iklan di semua media
|
Melihat dari sisi ekonomisnya, Mc Donald merupakan usaha yang berpotensi menguntungkan sehingga baik untuk dikembangkan bagi para pengusaha. Berbagai aspek bersifat menguntungkan kedua belah pihak baik bagi pendiri Mc Donalds dan konsumen sehingga dapat menciptakan kegiatan bisnis yang harmonis oleh karena itu, penulis sangat menyarankan bisnis semacam ini karena unsur “mutualisme” dan dilindungi oleh hukum.
Sumber Refrensi :
http://kardina-budi.mhs.narotama.ac.id/http://helmy-chimonberbagiilmu.blogspot.com/2012/05/profil-perusahaan-mcdonalds.html
NAMA :
Puja Purnama (26213942)
Titin Arhaeni Putri (28213926)
Vidia Anggun Kirana (29213137)
KELAS :
1EB
Dampak Positif dan Negatif dari Franchise bagi
pertumbuhan ekonomi di Indones
Dampak Positif :
·
Terbukanya pasar internasional
·
Meningkatkan kesempatan kerja
·
Meningkatkan devisa Negara
·
Meningkatkan kehidupan ekonomi bangsa yang
menunjang kehidupan nasional bangsa
Dampak Negatif :
·
Hilangnya rasa cinta terhadap produk dalam
negeri
·
Berkurangnya rasa nasionalisme masyarakat
kita terhadap bangsa Indonesia
·
Masyarakat kita khususnya anak muda banyak yang
lupa akan identitas diri sebagai bangsa Indonesia, karena gaya hidupnya
cenderung meniru budaya barat yang oleh masyarakat dunia dianggap sebagai
kiblat.
Keuntungan Frinchise :
•Pengalaman dan faktor sukses
•Bantuan keuangan dari franchising
•Brand nama dan reputasi
•Bisnis sudah terbangun
•Terdapat standar mutu
•Biaya produksi rendah
•Kesiapan manajemen
•Bantuan manajeman dan teknik
•Profit lebih tinggi
•Perlindungan wilayah
•Memperoleh manfaat market research dan
product development
•Resiko gagal kecil
•Franchisor memberikan banyak bantuan, kepada
franchisee.
0 komentar:
Posting Komentar